Skip to content

Pasangan Hidup yang Berkenan Kepada Tuhan

May 20, 2007

wedding ring

Mungkin dari judulnya, sharing ini lebih buat mereka yang sudah cukup umur. Tetapi buat teman – teman yang sedang puber, boleh juga ni, buat jadi pelajaran. Pasangan hidup tu apa sih? Namanya ‘pasangan’ dan ‘hidup’, berarti sesuatu atau seseorang yang akan menjadi ‘sepasang’ dalam ‘hidup ‘ kita. Yang namanya ‘hidup’ yang kita punya masi tersisa berapa lama sih dari sekarang? Setahun? Sepuluh tahun? Kalau sehat dan panjang umur, tentu masih berpuluh tahun. Itu bukan waktu yang singkat. Mungkin rata – rata kita baru menjalani sepertiga, atau bahkan seperempat, atau seperlima ( AMIN!!) umur hidup kita. Masi sangat panjang perjalanan hidup kita. Dan setiap laki-laki dan perempuan, kecuali yang memang dilahirkan demikian, tidak dapat menjalani hidup ini seorang diri. Tuhan menciptakan Hawa untuk menemani Adam menjalani hidupnya. Setiap pribadi, entah betapa kuatnya ia, betapa kaya nya ia, batapa pintar, dan betapa suksesnya ia, membutuhkan seseorang untuk mendampinginya di kala ‘kelemahan’ itu datang. Mengenai pasangan hidup adalah hal yang sangat vital. Karena pernikahan di mata Tuhan itu adalah sesuatu yang kudus. Maka janganlah kita bermain-main dengan suatu komitmen.

Manusia itu mahluk yang bersifat sosialis, ia membutuhkan sesamanya, ia tidak dapat hidup sendiri. Kelemahan terbesar dalam diri manusia adalah kesepian dan kekosongan jiwa. Terkadang untuk mengisi kesepian dan kekosongan ini, sering kali orang mengambil jalan yang salah, misalnya narkoba, atau dugem. Dalam kekosongan ini, rentan sekali manusia tergoda oleh hal – hal yang menyenangkan sehingga kesepian dan kekosongan itu dapat terisi walau cuma sesaat. Jika kekosongan itu tidak diisi oleh Tuhan, maka ‘tetangga Tuhan-lah’(iblis) yang mengisinya. Akan tetapi manusia membutuhkan seseorang yang ‘sepadan’ untuk mengisi kekosongan itu, maka Tuhan menciptakan pasangan hidup untuk setiap pribadi. Pasangan hidup yang bisa memberikan kedamaian di dalam hati, mengisi kekosongan hati, memberikan perhatian, memberikan pertolongan dan perlindungan, memberikan kasih sayang dan cinta, memberi arahan,motivasi dan semangat.

Tuhan menciptakan Hawa sebagai penolong Adam. Berarti wanita adalah penolong bagi kaum pria. Penolong,savior, artinya penyelamat, maka wanita mempunyai tugas yang ‘berat’. Ia harus dapat menolong pasangan hidupnya, dalam arti lebih ke arah mental. Laki – laki itu sering tampak kuat, tetapi jauh di dalam hati, laki-laki itu sering rapuh, merasa gentar, takut, sepi, ingin lari (Buat semua teman-teman yang laki-laki, benarkan?). Di sinilah peran seorang ‘penolong’ sangat diperlukan. Ketika laki-laki sedang lemah, wanita harus dapat menolongnya untuk tetap dapat berdiri tegak dan berjalan lurus.

Sementara wanita diciptakan dari tulang rusuk Adam. Kenapa tulang rusuk? Kenapa bukan tulang paha? Tulang tangan? Tulang kaki? Atau tulang kepala? Tulang rusuk berbicara tentang tulang yang sangat vital. Tulang rusuk berada di ‘tengah’, antara kepala dan kaki, artinya wanita diciptakan sejajar dengan laki-laki. Wanita tidak diciptakan di atas atau pun di bawah laki-laki. lalu tulang rusuk berbicara ‘kesetiaan’. Rusuk itu tulang yang tidak dinamis, ia hanya bergerak untuk pernafasan, tidak seperti tulang lain, misal tulang tangan, atau tulang kaki. Tulang rusuk tetap ‘setia’, ia selalu ada di sana. Laki – laki harus dapat setia kepada wanita. Lalu tulang rusuk berbicara tentang perlindungan. Gak tanggung – tanggung, yang dilindungi adalah “jantung”. Jantung juga berbicara tentang hati. Hati berbicara tentang banyak hal, hal yang sangat berharga. Maka setiap lakki-laki harus dapat menjaga hatinya untuk pasangan hidupnya.

Sebenarnya, kalau mau dikutip dari Firman Tuhan, ada banyak sekali ayat yang berbicara tentang pasangan hidup. Secara praktis, aku mau simpulkan, seorang pria itu butuh wanita yang dapat menjadi ‘penolong’ bagi dia, di saat dia sedang mengalami masa-masa sulit. Dan seorang wanita membutuhkan seseorang yang dapat melindunginya dan setia kepadanya sampai maut datang. Janji pernikahan, tahukan? Janji itu diucapkan di setiap pernikahan di gereja. Diucapkan dihadapan Tuhan, tetapi sering dilanggar. Mengapa demikian? Karena banyak yang sudah meremehkan masalah komitmen. Janji dan sumpah sangat mudah diucapkan, juga mudah dilanggar.

Teman-teman, mari kita berdoa dan bertanya ,mengevaluasi diri sendiri. Buat yang laki – laki, apakah kamu sungguh yakin akan komitmenmu? Apakah kamu tidak melihat pasangan hidupmu dari penampilannya saja? Sebab kecantikan bisa habis dimakan waktu. Benarkah kamu siap untuk setia sampai selamanya? Saat ada godaan bisakah kamu bertahan? Jika suatu saat telah berumah tangga, dan kamu merasa’kering’ dalam rumah tangga, dapatkah kamu menjadi ‘sungai’ buat keluargamu, atau justru ‘lari mencari sungaimu sendiri’? Buat yang wanita, bertanyalah, apakah kamu sungguh mengasihi pasangan hidupmu? Tidakkah kau melihat dia dari penampilan luar saja? Sebab materi di dunia bisa habis. Dapatkah kamu bertahan dikala badai besar menghadang? Apakah kamu akan dapat menjadi penopang atau justru lari menyelamatkan dirimu sendiri?

Buat teman-teman yang sedang dalam pergumulan tentang pasangan hidupnya, berdoalah! Minta petunjuk dan tanda dari Tuhan. Sebab pasangan hidup adalah masalah untuk seluruh sisa hidupmu. Ini bukan masalah jangka pendek, tetapi jangnka sangat panjang. Tentu kita tidak mau kecewa kemudian hari. maka mintalah pasangan hidup yang benar- benar dari dan berkenan kepada Tuhan. Teman-teman, mari kita jangan bermain – main dengan komitmen. Didik dan biasakan diri kita untuk menghormati komitmen mulai dari masa awal penjajakn pacaran. Aku pribadi gak setuju dengan kata pacaran. Mungkin lebih tepat dikatakan masa awal penjajakan menuju pernikahan kudus. Maka jangan bermain-main dengan masa pacaran. Kata putus, cerai, break, jadikanlah kata terakhir dalam kamus kita. Sungguh! Ada masalah sebesar apapun, bicarakan baik – baik. Perpisahan itu hanya sebuah pelarian dari ketidak mampuan bertahan, atau menyerah. Coba hadapi dahulu dengan sekuat tenaga. Segala sesuatu pasti bisa dihadapi bersama. Hadapi, dan jangan lari. Juga jangan pernah bermain dengan komitmen, setialah sebab Tuhanmu adalah setia.

Jesus Bless you all

About these ads
23 Comments leave one →
  1. powerfulgroovyyou permalink
    January 28, 2008 1:53 am

    salam kenal aja. powerfulgroovyyou.wordpress.com

  2. naomi s,rini permalink
    January 31, 2008 3:02 pm

    Pasangan hidup dari Tuhan memang membutuhkan pergumulan doa dan puasa, juga dibutuhkan pengharapan jika Tuhan pasti memberikan yang terbaik sesuai dengaan rencanaNya.

  3. ana permalink
    May 5, 2008 11:08 am

    tidak mudah mencari pasangan yang sesuai dengan kehendak Tuhan,
    tapi klo qta mau berserah dan percaya pasti Tuhan akan menolong qta smua,tuk dpt kn pasangan yang sudah disiapkan,amin,so berkomitmen bagi Tuhan….

  4. May 6, 2008 11:09 am

    Shalom guys, ikutan ya….

    Pasangan hidup, sangat sensitif dan paling penting dalam hidup kita. (baik cow or Cew).

    Tapi percaya aja.. kita kan anak2 Nya.
    Dia sebagai Bapa akan memberikan pasangan yang terbaik (menurutNya) kepada kita, seperti papi Jasmani kita yang menginginkan pasangan yang baik buat anaknya.

    dan terpenting DIA sempurna..

    Jbu all

  5. Et@No - Timor.leste permalink
    May 21, 2008 12:33 pm

    yaaaap….benar deh….
    kita tidak bisa menginginkan pasangan sesuai impian kita karena itu berarti kita mencintai boneka ciptaan kita sendiri yang hidup dalam diri pasangan kita. Alangkah baiknya jika kita mencintai pasangan yang telah diberi Tuhan dengan kepribadiannya sendiri karena untuk itulah kita dipertemukan.

    LOVE IS “ET@NO” – TImor Leste

  6. milka permalink
    July 19, 2008 5:18 pm

    manusia tidak pernah memilih kapan ia akan dilahirkan ato memilih kapan ia akan meninggalkan dunia ini, tetapi menentukan pasangan hidup adalah sebuah pilihan. kasih sayang adalah hal yang paling mendasar untuk membangun sebuah bahtera rumah tangga

  7. icha permalink
    September 8, 2008 11:12 am

    dalam menjalani hubungan harus mengutamakan TUHAN,keluarga,baru kita berdua yg menjalani hubungan.Walau sebesar apapun badai yg hrs dijalani berdua kalau tetap mengandalkan TUHAN pasti indah pd waktunya,Praise GOD!

  8. sari permalink
    November 4, 2008 8:50 pm

    Ya, pasangan hidup? susah juga ya… entahlah … aku ciri-ciri orang lagi hopeless ya??? he..he..

  9. Fendy permalink
    November 9, 2008 5:40 pm

    Bagi saya,Tuhan memang ikut campur dalam memberi kita pasangan hidup. Tapi kita juga perlu berusaha mencari, kita juga harus memilah2 mana yg cocok dengan karakter kita. Karena memang menikah itu bukan hanya saja kita menikahi lahir dan batin, tapi juga karakter pasangan kita. Dan yg terpenting setia seumur hidup. Mau sharing sedikit neh, selama ini gw sering banget di sakitin. Emang dah takdir gw kale yah !!! hehehe !!! dan ga enak loh di sakitin itu !!! :)

  10. Lisa permalink
    December 22, 2008 6:44 pm

    @Fendy

    Km sering disakitin? Km dah pelepasan lom? Kt Gilbert lumoindong bs ada kutuk keturunan. Sdg kata Daud Tony, mungkin ada kutuk sumpah serapah.

    Manusia tdk ada takdir. Nasib ditentukan oleh diri kita sendiri. Krn TUHAN MEMBERI KEHENDAK BEBAS kpd kita.

    Maaf, jgn beriman disakitin. Ntar malaikat lewat di approved loh! Beriman artinya merubah karakter kita. karakter berubah, berkat jg berubah. Amin

    GB

  11. Yongky permalink
    January 12, 2009 11:55 am

    Nih gue kutip dr buletin GTI Gereja Tiberias Indonesia 11January 20008.

    Perkawinan adl suatu KARUNIA ALLAH. Tuhan Yeus berkata bhw suatu perkawinan adl suatu KARUNIA, artinya hanya org2 ttn yg diberikan karunia utk membentuk suatu perkawinan yg ssi dgn kehendak ALLAH.

    Tuhan Yesus berkata didlm Matius 19:10-12 sbb :

    Murid-murid itu berkata kepada-Nya: “Jika demikian halnya hubungan antara suami dan isteri, lebih baik jangan kawin.” Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: “Tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu, hanya mereka yang dikaruniai saja. Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti.

    Mk Tuhan Yesus menerangkan ttg perkawinan :
    a. Hanya org yg diberikan karunia sj. Artinya suatu perkawinan meupakan suatu KARUNIA ALLAH.
    b. Yesus mengingatkan siapa yg dpt mengerti hendaklah ia mengerti.
    c. Suatu karunia artinya, tidak setiap org diberikan karunia ALLAH utk menikah utk memasuki kehidupan rumah tangga.

    Jd kl ada yg belom maried, menikah sampai umur tertentu, dan udah cape diperguncingkan org. Apakah itu memang menurut Bible spy kita tidak menikah?! Atau KARTAKTER kita yg perlu diubah.

    Krn menurut Gilbert Lumoindong, gembala sidang gereja Glow Fellow Ship, pendiri GL Minstry. Yg nantinya gerejanya ada di pusat kota, di Thamrin Residence, disebut Rumah Radja..raja. Org tdk menikah, atau sulit mendptkan pasangan hidup, bisa disebabkan MULUTNYA n KARAKTER.

    Tentu setelah kutuk dipatahkan, dilepaskan. org udah bersih dr kutuk kok ga maried. WHY? Kok masih susah dapat pacar? WHY?

    Mari kita lihat KARAKTER. Karakter tercermin dr kata2 yg diucapkan oleh lidah mulut, serta tindakan. Ada org cantik rp mulutnya spt PEDANG, prang preng prang preng. Org dkt aja males. Bs stress dengar kalimat keluar dr mulutnya.

    Selain itu menurut ada hamba Tuhan yg berpendapat, bhw selain karakter dan ssi apa yg dikatakn Bible. Org susah mendptkan pasangan hidup krn apa? Krn belum melaksanakan PANGGILAN HIDUP nya.

    Jd ada yg TUHAN MAU DARI KITA. Tp kita belum melaksanakan. Misal Tuhan mau kita melayani, hidup benar. Kl sp kita belom hidup benar n melayani. Tuhan ga akan kasih itu namanya pasangan hidup, suami/ istri. Bs jg berhubungan dgn berkat, Tuhan tdk akan berkatin sp kita melaksanakan panggilannNYA.

    Misal Tuhan mau kita menyanyangi membantu keluarga. Tp yg kita lakukan cuek, berkelahi dgn mama papa n keluarga. Itu jg tdk akan diberkati. Sp kita berdamai dl dgn keluarga, Tuhan br kasih berkat pernikahan utk kita.

    Jd kesimpulannya : temukan panggilanNYA, ubah karakter, sifat, kelakuan. Spy menuju hidup berkelimpahan/ Cr Tuhan dl ,senangkan hatinya. Berkat pasangan hidup akan dtg sendiri. Tp kl ga dtg, kemungkinan memang tdk diberi karunia menikah.

    Huh cape d…. ehem…. gimana ya… ada yg bs bantu..

  12. sapt permalink
    January 28, 2009 7:56 pm

    duuuchh….capek dech…emang susah cari pasangan hidup..

  13. aurine permalink
    February 13, 2009 1:46 am

    tuhan membuat segalanya indah pd waktunya,so bgt jg ttg pasangan hidup qt dan qt ga perlu khawatir.tetep rajin dalam pergumulan dengan Tuhan dan terus berharap hanya padaNya……….ok

  14. yurike permalink
    February 22, 2009 11:50 pm

    Pasangan hidup dari Tuhan adalah yang terbaik buat kita. Tuhan lebih tau siapa orang yang terbaik buat kita. Selagi kita menunggu Tuhan mempertemukan kita dengan pasangan hidup kita, alangkah baiknya kita mempersiapkan diri kita untuk jadi lebih baik dan mendekatkan diri kita lebih lagi sama Tuhan. Jadi kalo saatnya datang, kita sudah siap.
    Memang ga gampang& kadang kita ga sabar menunggu, tapi kalo belom dikasih ya mau gimana lagi ya… :)

  15. James permalink
    March 2, 2009 1:54 pm

    @Yurike
    Sip lah… jodoh ga usah dipikirin, waktunya waktu Tuhan. Mendekat sm Tuhan….asyik.

    @sapt
    Tak usah capek, Tuhan ga suruh kita hidup capek kan. masak Tuhan menciptakan manusia utk supaya dibuat capek?! Tak lah…

    @Aurien
    Sip lah….

    Dan buat jomblo dan jomblowati kalau tak ketemu jodoh, ga usah kawatir jg. Hidup didunia cuman sementara. Tujuannya kita nanti punya rumah yg indah di sorga kan?? maka skrg nabung, nyicil dgn perbuatan kita spy nanti kit apunya rmh ndah disorga. Perbuatan yg bgmn? Yg berkenan kpd-NYA. Jgn zinah, cabul, curi, bohong. Tp mengampuni, melayani….dllnya.

    GBY

  16. Lidya yinz permalink
    August 4, 2009 8:51 pm

    Hii..Cylm..Tao ga gmn cra mnentukn pasangan hidup yg bnr2 dtgny dr Tuhan??It’s easy..He2.Psgan hidup kt pst akn mmbuat kt smakin dekat dgn Tuhan..Mis; Rohani kt smakin brtumbuh didlm Tuhan,smkin ari smkin dikikis karakter buruk kt,smakin mngasihi org diskeliling kt n then..Smakin rindu utk sll mncari Tuhan..Amen..

  17. stephanie permalink
    August 6, 2009 12:25 am

    aku juga lg bingung banget…Tuhan Yesus,tolong aku!

    • Gideon permalink
      December 27, 2010 5:35 pm

      tenang, jangan bingung,.. masih ada aku kok yang menemani heheheh 8-x

  18. ian permalink
    January 27, 2010 10:03 pm

    TH itu hRus dicari bro…

    dan mintalh agar Dia yg pimpin.. :)

  19. myra permalink
    April 9, 2010 6:19 pm

    doakan aku dpt suami yg ideal sama aku

    • Gideon permalink
      December 27, 2010 5:36 pm

      Nih yang ideal lagi baca hehehe :P

  20. ivo permalink
    September 26, 2010 5:56 pm

    pasangan hidup itu seperti hadiah…
    hadiah diberikan Tuhan buat orang yang pantas mendapatkannya…
    jadi marilah kita pantaskan diri kita untuk mendapat PH yg dari Tuhan sbg hadiah terindah dlm hidup kita..
    GBU all…

  21. December 22, 2010 3:52 pm

    pertanyaan yang ingin sekali di jawab.

    bagaimana klo kita sudah jalani dengan seseorang, tetapi di tengah waktu ada yang membuat kita berpikir klo Tuhan tidak beri yang ini, tapi yang itu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: