Skip to content

Pergumulan hidup

May 4, 2007

Sering kali kita menghadapi pergumulan yang sangat berat. Pada saat – saat itu kita merasa kita adalah orang yang paling menderita di muka bumi ini. Gak ada yang lebih mendertia dari pada kita. Kita merasa gak ada lagi orang yang bisa bantu kita, kita merasa gak ada yang peduli tentang kita dan masalah kita, termasuk Tuhan. Tuhan juga seakan gak peduli sama kita. Benarkah itu?

Mari kita belajar melihat “diri kita dan pergumulan kita” dari sudut pandang orang lain dan dari sudut pandang Firman Tuhan.

Pada saat kita mengalami pergumulan yang sangat berat, yang menjadi fokus kita hanya “diri” kita dan “pergumulan kita”. Yang ada dipikiran kita hanya itu saja. Mungkin masalah itu sebenarnya tidak sebesar dan sesulit seolah dunia akan kiamat. Maka orang lain pun beranggapan itu hanya masalah biasa. Bukan karena mereka gak peduli, hanya saja kita yang terlalu melebih – lebihkan.

Anggap saja keluarga, saudara, teman, sahabat dan seluruh dunia benar tidak peduli akan Kita dan pergumulan kita, anggap saja demikian. Lalu apakah Tuhan juga gak peduli? Karena kita terlalu fokus pada “masalah” yang dihadapi, kita mengangga kita sangat menderita, kita merasa seolah merasa ditinggalkan Tuhan sendiri. Padahal Ia tidak pernah meninggalkan kita.Kita yang meninggalkan Dia, kita lupa akan Dia, pada janjiNya, pada iman kita kepadaNya, lupa kepada semua rencanaNya, lupa kepada FirmanNya, lupa kepada segala hal ajaib. Kita lupa akan semua pertolongan yang pernah Ia beri di masa lalu. Karena “kita lupa, kita merasa Ia tidak ada untuk kita.

Mengapa Tuhan membiarkan kita menderita? Ia mau kita belajar. Tuhan ingin kitabelajar menanggalkan semua “kehebatan” kita dan berserah hanya kepadaNya.

Yoh 11: 15 tetapi syukurlah Aku tidak hadir pada waktu itu, sebab demikian lebih baik bagimu. Supaya kamu dapat belajar percaya. marilah kita pergi sekarang kepadanya.

I Tes 3 : 3 Supaya jangan ada yang goyang imannya karena kesusahan – kesusahan ini. Kamu sendiri tahu, bahwa kita ditentukan untuk itu.

II Kor 12:10 Karena itu aku senang dan rela dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.

Ya, Tuhan itu gak pernah merancang sesuatu yang buruk untuk kita. Ia hanya ingin kita dimurnikan seperti emas. Ia hanya ingin menguji hati kita. Apakah kita sungguh – sungguh berserah kepadaNya, atau kita hanya mau mengandalkan kekuatan manusia kita saja.

Amsal 21:2 Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati.

Tuhan punya rencananya sendiri atas hidup kita. kita gak tahu apa rencananya, yang jelas rencananya adalah rencana yang indah dan bukan rancangan kecelakaan. Tuhan ingin memurnikan hati kita menjadi murni seperti emas.

Yesaya 60 : 15 sebagai ganti keadaanmu dahulu, ketika engkau ditinggalkan, dibenci, dan tidak disinggahi seorang pun, sekarang aku akan membuat engkau menjadi kebanggaan abadi, menjadi kegirangan turun – temurun.

Yesaya 60:17 Sebagai ganti tembaga, Aku akan membawa emas, dan sebagai ganti besi Aku akan membawa perak, sebagai ganti kayu, tembaga dan sebagai ganti batu,besi; Aku akan memberikan damai sejahtera dan keadilan yang akan melindungi dan mengatur hidupmu.

Yesaya 60 : 19 Bagimu matahari tidak lagi menjadi penerang pada siang hari, dan cahaya bulan tidak lagi memberikan terang pada malam hari, tetapi Tuhan akan menjadi penerang abadimu dan Allahmu akan menjadi keagunganmu.

Yesaya 60 : 22 Yang paling kecil akan menjadi kaum yang besar, dan yang paling lemah akan menjadi bangsa yang kuat; Aku, Tuhan akan melaksanakan dengan segera pada waktunya.

Jadi, jangan pernah takut – takut mempercayai Janji Tuhan, dan jangan pernah ragu – ragu mengikuti jalanNya. JanjiNya tak pernah berubah.

Jesus Bless you

12 Comments leave one →
  1. siboro permalink
    June 13, 2008 3:31 am

    Mohon Kirim Artikel tentang Doa2 dan Pergumulan serta jalan keluarnya, tx, GBU

  2. lagustina sitanggang permalink
    June 13, 2008 2:55 pm

    Syaloom…..Tuhan yesus adalah penolong hidup kita.Apa yang kau pinta dengan iman dan kepercayaan engkau akan menerimanya.saya percaya bahwa Yesus adalah Tuhan yang mati di kayu salib dan bangkit untuk menyelamatkan aku.Tuhan Yesus Memberkati.Amin

    • shirley permalink
      September 28, 2010 8:56 pm

      doa mempunyai suatu kuasa yang sangat besar..!

  3. June 13, 2008 2:59 pm

    Saya percaya bahwa Tuhan Yesus adalah Penyelamat Dunia.Saya bersakasi setiap saya dalam kesulitan dan saya minta dengan sangat TUHANKU selalu mendengar doaku.Thank!s jesus.

  4. June 13, 2008 3:16 pm

    Saya percaya bahwa Tuhan Yesus adalah -penyelamat dunia.Saya bersaksi setiap saya dalam kesulitan dan saya minta dengan sangat maka, TUHANKU selalu mendengar doaku.Thank You Jesus.

  5. diana permalink
    March 11, 2009 8:01 am

    saya percaya akan janji TUHAN YESUS sbab DIA Adalah TUHAN YANG tak pernah lupa akan janjinya.dan Jangan pernah tinggalkan TUHAN YESUS krn tanpa DIA kita gak akan bisa apa-apa

  6. March 26, 2009 7:57 pm

    betapa engkau telah membuat segalanya indah bagiku tuhan, aku tak pernah dapat bisa bersyukur atas apa yang telah engkau beri saat ini padaku. ajar aku selalu dapat bersyukur atas apa yang engkau beri bapa…dan bimbing aku agar aku dapat membuat keputusan dan mampu memilih jalan hidupku yang telah engkau persiapkan untukku.Amin

  7. lisa berlian permalink
    December 2, 2009 7:59 pm

    sudah 15 tahun aku berumah tangga, kurasa pergumulan demi pergumulan kulalui amat berat kupikir tanpa tuhan aku bisa, tapi ternyata aku sadar tanpa Tuhan Yesus aku ga bisa melewati hari-hariku yang amat berat dan melelahkan, Tuhan Yesus mampukan aku, mampukan suamiku, Amin

    • shirley permalink
      September 28, 2010 8:55 pm

      saya kini dalam usaha menggantikan sesuatu yang telah lama dengan nafas baru dengan bertemankan ROSARIO PEMBEBASAN…saat saya habis membaca kesaksian2 yang ada dalam buku kecil itu, suatu perubahan dalam kepercayaan saya telah berlaku…kebahagiaan yang saya peroleh amat bermakna…saya masih mendoakan utk hubungan saya bersama seseorang yang amat saya cintai supaya kami boleh memulakan hubungan yang baru…jauh dalam hati, saya yakin doa saya ini akan termakbul…
      saya amat cadangkan kiranya saudari dapat mendoakan ROSARIO PEMBEBASAN ini…ALLELUIA!

  8. shirley permalink
    September 28, 2010 8:50 pm

    saat ini, ketika ini,saya melalui suatu perubahan yang amat besar dalam hidup…hati saya tiada lagi rasa girang, tiada kekuatan untuk saya bangun dari tidur,mengalami sakit yang entah dari mana,kesakitan yang terus menusuk jauh ke dalam hati…namun, di sebalik semua yang berlaku, saya yakin hanya melalui DOA dan IMAN saya pada Tuhan mampu memulihkan saya semula…saya pasti yang Tuhan ingin saya memulakan segala sesuatu dengan apa yang saya hajati dari awal…Saya PERCAYA semua doa saya akan termakbul…begitu juga dengan anda,serahkan semuanya pada-Nya, alami saat perubahan indah dalam hidup..ALLELUIA!

  9. June 1, 2013 6:17 am

    I’m truly enjoying the design and layout of your site. It’s a very easy on the eyes which makes it
    much more enjoyable for me to come here and visit more often.
    Did you hire out a designer to create your theme?

    Outstanding work!

  10. July 6, 2013 5:10 pm

    Wow, incredible weblog structure! How lengthy
    have you been running a blog for? you made blogging look easy.

    The overall glance of your site is great, as neatly as the content!

Leave a Reply

