Skip to content

Lapangan Pekerjaan Untuk Sarjana Sipil Susah?

May 4, 2007

Siapa bilang sipil cuma bisa hitung – hitung gedung? Kerjaan dari seorang insinyur sipil itu bukan cuma tukang hitung. Kalau cuma menghitung, komputer pun dengan mudah bisa melakukannya. Bahkan tak dapat dipungkiri, sarjana Sipil banyak merasa sikut oleh tetangga seprofesinya, tukang gambar alias arsitek. Terutama dalam bangunan sederhana, seperti rumah tinggal, kebanyakan arsitek lebih produktif karena bangunan tersebut tidak membutuhkan hitungan yang rumit, melainkan justru dengan sedikit sentuhan nilai seni yang menjadikan bangunan lebih indah dan nyaman di tempati. Memang harus diakui, teknik sipil kurang dilengkapi “sense of art”. Lalu ke mana lagi sarjana sipil dapat berpeluang kerja? Banyak! Dalam perkuliahan Teknik Sipil justru yang paling ditekankan adalah mengenai pola pikir dan logika yang mengarah kepada cara pemilihan keputusan, atau dengan bahasa kerennya “Engineering Judgment”. Dengan bermodal itulah seorang sarjana sipil dapat bersaing dengan nilai lebihnya.

Pada masa sekarang ini justru banyak pengembangan dan pembangunan. Selain didukung peningkatan kemampuan ekonomi rakyat Indonesia, juga karena adanya otonomi daerah. Jadi tenang saja, akan ada banyak proyek – proyek pembangunan yang menanti di masa depan.Tetapi bukankah tidak semua sarjana sipil akan bekerja di dunia konstruksi? Bagaimana dengan mereka yang tertarik dengan bidang lain? Selain di bidang konstruksi, banyak sarjana sipil yang sukses dalam bidang lain selain bidang konstruksi. Tidak sedikit yang sukses dalam dunia perbankan, dalam dunia bisnis dan dagang, bahkan dalam dunia IT dan bahkan karya tulis.
Sebut saja contoh seorang Ir. Wiryanto Dewobroto, M.T. Beliau adalah salah seorang “jagoan” sipil yang juga sukses dalam dunia karya tulis. Beberapa buku yang ditulis Beliau diterbitkan oleh percetakan Gramedia laris manis sperti kacang goreng. Selain itu Beliau juga mahir dalam dunia IT. Beliau aktif dalam menciptakan software – software sederhana dengan menggunakan beragam bahasa pemograman. Salah satu hasil “kerja keras” Beliau adalah homepage www.Wiryanto.Wordpress.com . Salah satu personal home page terbaik yang pernah aku lihat.
Jadi teman – teman para sarjana dan calon sarjana sipil, tetap semangat!! Masa depan masih penuh harapan. Jangan pernah merasa “menyesal” pernah bersekolah di teknik sipil. Begitu pula dengan jurusan – jurusan lainnya. Pasti kalian punya “nilai lebih” tersendiri. Tuhan punya rencanaNya sendiri atas hidup kalian.

Tuhan memberkati!!! JBU all

5 Comments leave one →
  1. May 5, 2007 5:40 pm

    Bagus Mikhael, teruskan.
    Sukses untuk kamu.

  2. Mikhael permalink*
    May 6, 2007 4:01 pm

    thank pak wir atas dukungan dan doanya.

    JBU and all of your family

  3. nicholas permalink
    September 24, 2007 11:31 am

    GBUs

  4. October 25, 2007 2:30 pm

    Nice blog, Very useful information here, Thanks for sharing.

  5. April 23, 2008 8:00 am

    Om, kalo di Papua banyak cari tuh (terutama transport). Nah kalau bridge engineering mahir, that’s your world right there !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: