Skip to content

Suka, Cinta, dan Kasih Sayang(buat kamu yang lagi jatuh cinta)

May 6, 2007

Walau belum Valentine’s Day, boleh donk kita bahas ini. Siapa pun di dunia pasti pernah merasakan perasaan suka, cinta, dan kasih sayang. Perasaan yang konon katanya indah, buat jantung deg-deg-an, buat hati berbunga – bunga, buat perasaan seakan terbang melayang. Tapi apakah selalu semuanya begitu indah?

Suka-Cinta-Kasih Sayang, ketiga itu seperti anak tangga. Ketiga merupakan sebuah tahapan. Mulai dari yang paling bawah yaitu perasaan suka, lalu meningkat ke cinta, dan terakhir adalah perasaan sayang. Suka itu datang dari mata, cinta itu masuk ke hati, dan kasih sayang itu keluar dari jiwa.

Kita mulai dari suka dulu. Suka itu adalah sebuah kata yang umum, ditujukan kepada siapa saja. Tidak harus pria dan wanita, juga tidak harus manusia ( loh???). Contoh aja, aku suka banget sama kura-kura, aku juga suka makan, suka maen game, juga suka denger musik. Tapi jika kata suka ditujukan antar pria dan wanita, secara umum kita menanggapi dengan arti berbeda. Itu gak salah kok. Suka itu memang dasar dan mula, kalo gak suka, ya… gak akan dilakukan. MIsal aku gak suka ke bioskop, ya aku gak mau ke sana. Tapi perasaan suka ini sangat dangkal. Akan cepat luntur, terutama bila sudah bosan.

Kemudian cinta. Cinta lebih dalam dari suka. Cinta ini perasaan yang ingin memberi, ingin berbagi. Lihat aja waktu Valentine’s Day, banyak dewi-dewi dan dewa-dewa cinta berlomba memberikan hadiah pada pasangannya. Tapi perasaan cinta ini punya sifat jelek, EGOIS. Cinta itu harus memiliki, cinta itu pencemburu. Ini gak buruk kok, memang itu sifat dasar dari cinta, gak bisa dipungkiri. Tapi cinta itu adalah tahap penjajakan. Masih rentan. Masi banyak yang mementingkan ego. Cinta tu masi menuntut balasan atau imbalan. Cinta yang “terluka” bisa menjadi “kebencian” loh! Lihat tu banyak pasangan yang putus tengah jalan, setelah itu jadi tak acuh kalo bertemu, ada yang biasa saja, tapi terkadang ada yang buang muka, seolah menghindar. Lalu, bagaimana dengan orang yang sampai rela mati demi cinta? Nanti kita lihat lebih dalam.

Lalu yang terakhir adalah Kasih Sayang. Sayang ini perasaan tertinggi. Sayang ni gak ada batasan, UNLIMITED. Kasih sayang tu gak menuntut apa – apa sebagai balasan. Berbeda dengan cinta. Ia “benar – benar rela” dalam memberi, atau yang kita sebut pengorbanan. Kasih sayang gak akan pernah luntur, entah karena “waktu”, ataupun karena “luka”.

Untuk mencapai tahapan-tahapan ini butuh proses, butuh waktu. Ada pepatah, tak kenal maka tak sayang itu benar. Semua gak bisa terjadi secara instan, perlu diuji oleh waktu. Pernah liat film “Titanic” kan? Kata orang itu film tentang “cinta sejati”. Ya benar, mereka baru sampai tahap cinta. Lalu sang Leonardo kan sampe rela mati? Jangan salah, cinta itu memberikan suatu perasaan ” menggebu” di dalam hati ( apa jantung ya?). Pada saat cinta itu “baru” bersemi, perasaan itu kuat sekali, tetapi seiring berjalannya waktu, akan semakin berkurang. Bahkan bisa hilang.

Dalam bahasa Inggris, cinta maupun sayang itu gak bisa dibedakan. Keduanya disebut “LOVE”. Tetapi yang pasti, LOVE itu adalah kata “kerja aktif” ( i love you = aku mencintaimu). Jadi Love itu adalah kata kerja aktif satu arah ( mencintai), dia tidak menuntut balasan(bukan saling mencintai). Sementara dalam bahasa Indonesia, cinta itu lebih cenderung dianggap dianggap kata benda. Tetapi yang benar seharusnya “aku cinta kamu”, bukan “aku mencintaimu”. Maka benarlah definisi “cinta” yang artinya dalam bahasa inggris “love”, bahwa “cinta” itu sama dengan “sayang”. Tetapi karena bahasa Indonesia rancu, secara harafiah kita akan, menyebut cinta itu love dan sayang itu true love ( download dan lihat diary-7 di “Diary dan Renungan”).

Lalu perasaan “Sayang” tu bagaimana? Dua hari yang lalu aku bertemu dengan seorang opa-opa(kakek) bersama isterinya (juga sudah oma-oma alias nenek). Aku memang mengenal opa itu, sering ngobrol, tetapi baru kali ini aku benar – benar memperhatikan opa dan oma ini. Opa itu memboncengi oma dengan sebuah sepeda motor “MIO”. Mio itu di cat dengan warna kulit DALMATION 101, karena kata opa oma suka dengan anjing dalmation. Mereka tipa sore memang sering berkeliling naik sepeda motor itu. Lalu ketika turun dari sepeda motor, opa ini menurunkan standart dari motornya, lalu ia turun lebih dahulu, dan lalu memegang tangan si oma untuk membantunya turun dari mio itu. Dulu aku pernah berbincang dengan si opa, usianya sudah 50 tahun lebih. Dan ia sudah menikah kurang lebih 30 tahun. Aku benar – benar terkagum, dan terharu melihat opa dan oma ini, bagaimana kasih sayang mereka bisa bertahan. Tentu gak mudah. Semua butuh proses. Mereka sudah lalui proses itu selama 30 tahu, lebih jika dihitung masa pacaran.
Lihat saja contoh yang nyata, bagaimana orang tuamu sangat menyayangi kamu. Mereka rela bekerja keras, membanting tulang dan memeras keringat untuk kebahagiaan dan masa depanmu. Lalu apa mereka menuntut balas.

Menurut Firman Tuhan, sayang itu rela berkorban tanpa harus saling memiliki. Semua tau kan kisah bagaimana Raja Salomo dengan kebijakannya memecahkan perkara dua orang ibu yang mengaku memiliki dan berebut atas seorang anak? Yang belum tau baca I Raja-Raja 3:16-28. Kita bukan membahas bagaimana kebijakan Salomo, tetapi bagaimana sikap ibu yang benar – benar adalah ibu anak itu, dan bagaimana “kasih sayang dan cintanya” kepada anaknya. Disini jelas bahwa Firman berkata bahwa “cinta dan sayang” itu tidak harus memiliki, melainkan rela berkorban. Kisah cinta sejati terbesar lainnya adalah bagaimana Tuhan rela mati di kayu salib untuk kita semua. Tuhan gak menuntut balasan apapun dari kita. Itu teladan dari cinta dan sayang yang luar biasa yang Tuhan ingin ajarkan kepada kita.

Jadi sudah jelaskan? Mari kita koreksi diri masing – masing, bagaimana perasaan kamu terhadap orang yang konon katanya kamu sayangi. Yang bisa menilai hanya diri kalian sendiri. Jawablah kepada pribadi masing – masing. Jangan membohongi diri sendiri. Uji diri kalian, apakah kalian gak egois, bukan ingin memiliki, relakah kalian bila suatu saat harus kehilangan bila demi kebahagiaan orang yang kalian sayangi? Uji diri sendiri, jangan sampai Tuhan yang menguji kalian ( Amsal 21:2 setiap jalan orang adalah lurus menurut jalannya sendiri, tetapi Tuhan lah yang menguji hati). Jika benar – benar sudah saling menyayangi, pertahankan itu, berdoa terus minta Tuhan jaga. Jika ternyata belum, berdoa, dan minta Tuhan murnikan perasaan itu.

Bagaimana, suka, cinta dan sayang gak selamanya membawa kebahagiaan kan? Kadang ia juga membawa air mata dan kesedihan. Sudah siapkah kamu menghadapinya? Kalo kamu mencintai dan menyayangi, jadilah “kuat”, supaya bisa bertahan kalo ujian datang. Ingatlah, bahwa Cinta sejati dan Kasih Sayang itu hanya ada di dalam Tuhan, HE IS RIVER OF LOVE.

Aku pribadi suka pada banyak hal dan banyak orang. Tetapi aku hanya pernah satu kali “Cinta dan Sayang” kepada seseorang. Ya, dia yang bisa menyadarkan aku mengenai apa yang bisa aku sharingkan ini. Itu aja yang bisa aku bagikan.

Jesus Bless you all.

39 Comments leave one →
  1. restu_all4jc@yahoo.com permalink
    March 31, 2008 7:42 pm

    Tuhan qta ga sbts logika…Gbu

  2. Rezi Novi Utami permalink
    June 5, 2008 9:24 am

    kaya’ mana sih rasa cinta itu kalo dtng ama kt.

  3. ^Holy^ permalink
    June 29, 2008 12:47 pm

    mmg benar apa yg ada d atas,btw kl suka,cinta n sayang kita itu bertepuk sebelah tangan itu menyakitkan bgt…..

  4. Shine permalink
    August 17, 2008 7:04 pm

    Agak rumit y trnyata antara cinta dan sayang. Thx bwt shareny, cukup menambh pengetahuan. Gbt

  5. mili permalink
    August 24, 2008 9:28 am

    menurut aku cinta dan sayang mmg hrs ada di suatu hubungan…..

    • andry permalink
      March 25, 2010 4:24 pm

      Cinta hnya hidup seketika,,, Namun Rsa sayangg trjadi slamanya…

  6. trie permalink
    November 28, 2008 2:25 pm

    klo bagi aq kasih syang itu lebih kuat ri pda cinta…benar ga sich??

  7. The top mOd permalink
    December 2, 2008 8:16 pm

    Guu tUck cinta,sayang,suka pa ma dEA

  8. bVerlove permalink
    December 17, 2008 2:07 pm

    it’s ok, so sweet

  9. dinda permalink
    January 11, 2009 8:41 pm

    bener juga y cinta bertepuk seblh tngn it mnyktkn TUHAN apa q slh mencintai seseorang ap q salah menyangi seseorang apa memang q tu g pantas untk d cintai ap q in gx lyk d sayang knp setiap orang yamg q sayangi dan q cintai it g prnh ngert perasaan q,q benci cinta dan q benci mencintai seseorang

    • andry permalink
      March 25, 2010 4:27 pm

      “jngan benci bilangg CInta,,,, “jngan mrah Blang Sayanggg,,,, “jngan mndustai Hti Bla ENgkaw MMang Sukaa…

  10. fitri agan permalink
    February 4, 2009 8:34 am

    bicara soal cinta asyik tuh…karna dalam cinta semua yang buruk musnah yang ada perasaan kasih yang tidak menuntut kepada orang yang kita cintai.cinta adalah segalanya jadi jagalah cintamu jangan sampai bosan dan musnah.

  11. trizna_brezy permalink
    April 15, 2009 9:33 am

    tapi kenapa ya?
    setiap kita mencintai orang dengan tulus maka kita akan merasa sangat sakit bila kita di tinggalkan oleh orang yang kita cintai.

    • sha permalink
      June 23, 2010 3:14 pm

      aah, mmg itu yg kita rase kerana terlalu sgt menyintai dia,iaitu kita cintai dia sepenuh hati, so bila kita ditinggalkan kita bagaikan hilang arah..kini aku pun merasai..just doa kita tabah ya..

      all da best

  12. ika wanidya wati permalink
    April 21, 2009 3:45 pm

    karna cinta itu sebuah permainan perasaan,
    tanpa kita sadari semua itu permainan loh,,,
    cba deh fikir,,,
    klo kita ga tau bgaimana cara mempermainkan;y maka bersiap2lah kita yang akan di jadikan permainan oleh cinta,,

  13. m4y4 permalink
    May 6, 2009 11:35 am

    bguussss bgt artkelx……..gbu

  14. May 26, 2009 9:54 am

    aq bosan jatuh cinta,,, knp perasaan ini muncul dan cepat hilang

    • sarry permalink
      April 26, 2011 12:06 pm

      dtaN9 tk d’undan9 pLan9 tk d’antar Eah,,,,,,,,,, hihihihihihihihi……………
      kya jaiLan9kun99999999999999999999999,,,,,,
      iiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhh attttttttuuuuuuuuuuuuuutttttttttttttttt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  15. May 26, 2009 9:55 am

    maav aq cm mempermainkanmu… q cm mencintaimu dg status palsu

  16. May 26, 2009 9:56 am

    sl,r7c 6re/. v/ bhgv7 ytf

  17. hairee permalink
    August 1, 2009 11:03 pm

    cinta yg kekal abadi adalah cinta kepada tuhan yang satu..kerana DIA yg telah mncipta cinta e2..kita hanya di campakkan secebis dari cintanya..
    kejarlah cintaNYA..

  18. lover permalink
    August 23, 2009 3:38 pm

    aq tlh sktkan hati org yg aq sayang…org yg aq ykn dia adlh tman hdup ku….
    dan skrg aq tdk thu bagaimana utk menebus kmbali kslhn ku ini….aq tdk sngaja ingn menyakiti dirinya…..tp apakan daya…masa x akn kembali utk kta membetulkan kslpn kta…. kta hny mmpu meminta maaf pdnya shj dgn hrpn dia dpt memafkan kta

    • sha permalink
      June 23, 2010 3:22 pm

      xpelah benda dh berlaku, bukan kita mahukan..dan kita x sengaja.as long kini kita sedar itu sudah bagus kerana kita ingin berubah menjadi lebih baik..mmg betul ada kesalahan yg x dapat ditebus, ada yg masih boleh diperbaiki, cuma cuba sedaya upaya utk tebus, if ternyata mmg tidak boleh berserah pada tuhan shj dan doakan semoga org yg kita sakiti memafkan kita..

  19. October 3, 2009 7:40 pm

    cinta,cinta,cinta selalu cinta………..??
    MenGaPa Sih CinTa ItU TidaK DimusNah kaN saJA DarI Muka BuMi InI………
    biaR sMua ManUsiA TidAK PERnaH MeraSaKan Yg NamaNya Cinta………
    CInta Itu…….
    MenYesaTkan Kita KEdaLam Neraka….
    Cinta Itu…….
    MeMbUat KiTa MenderiTA……
    Cinta Itu…….
    BagaI kan RacUn Yg Tidax TrbAca Oleh SIapa Pun…..
    Cinta itu……………………………………………….

    • andry permalink
      March 25, 2010 4:30 pm

      “cinta…Cinta…Cileuh Dina Mata…”

  20. uchie permalink
    October 18, 2009 8:49 am

    cinta adalah sebuah kehidupan dalam diri,,, dengannya kita tercipta ke dunia ini.. walaupun terkadang cinta mengubah diri menjadi orang lain dengan tuntutan yang di buatnya,,,, walaupun begitu tetap kita takan prnah bisa hidup tanpa cinta,,, karena disanalah kita temukan diri yang baru dari sebelumnya terhadap segala hal… selamanya kita takan manpu temukan apa itu cinta bila kita hanya menganggap cinta itu sebagai asing cinta itu dalam diri kita dengan masalah yang di buatnya….

  21. hari permalink
    February 26, 2010 9:58 am

    bukankah gk dperblhkan merayakan valentin day mnrut ayariat islam ?

  22. andry permalink
    March 25, 2010 4:32 pm

    “Cinta itu seperti kehidupan…. Tidakk semuaa jalann selaluu mudahh,,, Dan Tdak semuaa Hidupp Hruss SlAlu Ad Kbahagiaan,,, Jka kAU ingint Mraih Cinta,,,, Mngapa KAu Hrus MMBencinya…?

  23. November 26, 2010 10:56 am

    tidak ada cinta yang abadi selain cinta milik ALLAH SWT semata

    • sarry permalink
      April 26, 2011 12:02 pm

      eA btuL b9t………………
      9a da y9 b5a n9lahin ciNta ALLAH SWT,,,,

  24. sarry permalink
    April 26, 2011 11:59 am

    Q 5yaNx b9t ma cWo q,, tp 5krN9 dy jaUh dri q n jraN9 qt contek……… q tkUt dy nin99Lin q!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ya Allah 5m9a dy 9a brpLin9 dri q,n ttp 5tia 5ma q m5kipUn qt brjaUhan,,,,,, AAAMMIINNN

  25. June 15, 2011 5:24 pm

    hl ?

  26. June 15, 2011 5:25 pm

    kalau saya sendiri kalau cinta itu adalah hal yang wajar bagi setiap orang

  27. July 10, 2011 11:37 pm

    kpan cinta datang

  28. Debby permalink
    July 12, 2011 9:37 am

    suka, cinta, dan sayang itu smuaya adalah perasaan yg indah yG Tuhan ciptakan, agar smua maHluk ciptaanNya bsa saling mengasihii. JBU

  29. willy permalink
    December 22, 2011 10:19 pm

    šŸ˜„ membuat sakit hati

Trackbacks

  1. Firdaus Blog » CINTA DAN KASIH SAYANG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: